Your Ad Here

Jumat, 09 Mei 2008

BERITA : Chickenfoot: Otomasi Web dengan Scripting Firefox


Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan web dapat diotomatisasi dengan menulis skrip. Tetapi Anda tidak tahu bagaimana menggunakan javascript atau bahasa script lainnya untuk membuat skrip pribadi. Add-ons Firefox yang bernama Chickenfoot memudahkan Anda yang bukan seorang programmer dalam membuat skrip.

Chickenfoot dikembangkan oleh User Interface Design Group dari MIT. Add-ons ini sangat mirip dengan add-ons lain untuk firefox, yaitu Greasemonkey, tetapi skrip yang disediakan oleh chickenfoot lebih sederhana dan mudah bagi nonprogrammer untuk memakainya.

Setelah Anda mengunduh skrip tersebut, klik View > Sidebar > Chickenfoot (atau tekan F8) untuk membuka chickenfoot skrip editor. Masukkan skrip pada panel paling atas di sidebar, lalu klik ikon Run untuk mengaktifkan skrip tersebut pada halaman web yang sedang aktif. Bisa juga dengan mengklik ikon Open di sidebar untuk mencari dan membuka file .js.

Salah satu contoh penggunaan skrip ini adalah menyisipkan gambar pada halaman awal Google. Caranya pertama copy skrip dari halaman demonstrasi Chickenfoot, dan paste pada chickenfoot skrip editor, ganti URL gambar yang ada dengan yang Anda inginkan, lalu klik ikon Run.

Contoh penggunaan praktis lainnya yang diberikan adalah menampilkan icon tipe link di halaman situs sesuai tipe dokumen yang dituju (jadi link menuju sebuah PDF akan menampilkan icon PDF di sebelah link).

Ada juga skrip yang dapat secara otomatis membuat semua tabel dapat diurutkan melalui klik pada heading sebuah kolom tabel.

Untuk mendapatkan berbagai macam skrip untuk berbagai website, bisa anda cari di sini.

Disadur dari CNet. dan udaramaya

0 komentar: